Begini Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

ads

Cara Membuat Rumah Sejuk – Udara yang panas di dalam rumah seringkali membuat penghuninya tidak nyaman karena kegerahan. Salah satu cara mendinginkan udara di dalam rumah adalah memasang AC (air conditioner / pendingin ruangan) namun ternyata penggunaan AC itu sendiri meningkatkan pemakaian energi listrik dan memberikan gangguan kesehatan.

Bila Anda mengalami masalah yang sama, dapat mencoba cara berikut ini untuk membuat rumah Anda sejuk alami tanpa AC.

cara membuat rumah sejuk tanpa ac

Tips / Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Berikut ini adalah beberapa tips menyejukkan rumah tanpa AC yang dapat Anda coba:

1. Buatlah Plafon Rumah Anda Lebih Tinggi

Plafon yang tinggi akan memberikan ruang yang cukup untuk mengeluarkan energi panas dari setiap perabotan yang ada di rumah terutama perabotan elektronik. Tinggi plafon yang ideal adalah sekitar 3 meter.

2. Buat Lubang Udara Di Rongga Atap

Lubang udara di rongga atap dapat digunakan untuk menjaga sirkulasi di atas plafon tetap terjaga.

3. Gunakan Lapisan Alumunium Foil di Atap

Alumunium foil yang berwarna perak mampu memantulkan cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah genteng sehingga udara di atap tetap adem.

4. Tutup Jendela Dan Pintu Saat Cuaca Panas

Bila cara membuat rumah sejuk tanpa AC no 1-3 memerlukan renovasi rumah, maka cara mendinginkan ruangan yang ke-4 ini cukup dengan menutup pintu dan jendela saat terik. Udara panas dari luar rumah dapat masuk melalui lubang pintu dan jendela. Untuk menghindari udara panas yang masuk ke dalam rumah maka tutuplah pintu dan jendela pada siang hari. Anda pun dapat menggunakan tirai untuk mengurangi paparan sinar matahari di siang hari dan menjaga udara di dalam rumah tetap sejuk.

5. Tambah Ventilasi Udara

Anda dapat menambah lubang ventilasi udara di atas jendela atau mendekati plafon sebagai tempat keluar masuknya udara sehingga sirkulasi udara di dalam rumah tetap terjaga.

6. Perbanyak Tanaman Di Rumah Anda

Anda dapat menanam tanaman hias, sayuran maupun tanaman buah di pekarangan rumah Anda. Pertimbangkan juga untuk meletakkan beberapa pot di dalam rumah. Salah satu manfaat pohon adalah melepaskan oksigen di siang hari sehingga udara terasa lebih sejuk. Rumah Anda minimalis dengan lahan terbatas, pertimbangkan untuk membuat taman vertikal.

7. Matikanlah Lampu

Matikanlah lampu dan alat elektronik lainnya bila tidak digunakan. Hal ini selain mengurangi energi panas yang dikeluarkan oleh alat tsb juga untuk penghematan energi listrik.

8. Buka Pintu dan Jendela Saat Malam Hari

Udara luar di malam hari lebih dingin dibandingkan di dalam rumah. Membuka jendela dan pintu saat malam hari mampu memasukkan udara sejuk ke dalam rumah. Untuk menghindari masuknya serangga atau binatang lain pasanglah pintu tambahan dan jendela tambahan yang menggunakan kassa anti nyamuk atau sejenisnya.

9. Penyiraman Halaman Dan Pel Lantai

Melakukan penyiraman halaman dan mengepel lantai rumah dapat memberikan kelembaban di dalam rumah sehingga udara terasa sejuk.
Membuat rumah sejuk tanpa AC akan lebih mudah bila dari awal Anda sudah merancang desain rumah hemat energi, yang lebih memanfaatkan energi alam seperti cahaya matahari untuk pencahayaan, angin untuk mengademkan rumah, dll. Walaupun demikian bukan berarti rumah yang sudah kepalang jadi tidak dapat dibuat sejuk tanpa AC. Anda tetap dapat berkontribusi aktif untuk mengurangi pemanasan global.
Itulah 9 cara membuat rumah sejuk tanpa AC. Semoga tips menyejukkan rumah tanpa AC di atas dapat bermanfaat …

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

sponsor
loading...

loading...

Iklan

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Cara membuat ac alami lewat lubang angin di atap rumah -cara membuat pentilasi di kolam tanpa listrik -cara membuat saluran ac -cara mengatasi panas ruangan saat mati lampu agar tetap dingin -langkah untuk meminimalisir energi matahari masuk ke rumah agar twtap sejuk -ruangan di rumah lebih sejuk tanpa ac -tqnaman untuk sirkulasi udara rumah -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.