Cara Praktis Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Beraktivitas

ads

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk – Mengantuk seringkali datang tanpa diundang. Saat sepi, saat membosankan, lelah atau setelah begadang misalnya mengerjakan tugas kantor, kuliah atau menonton acara favorit sampai lewat tengah malam, maka rasa kantuk sering datang menghampiri.

Rasa kantuk biasanya sering ditandai dengan menguap terus menerus, mata yang berat, lemas, dan membuat malas. Obat untuk menghilangkan rasa kantuk yang paling ampuh adalah dengan beristirahat dan tidur. Namun bagaimana bila ternyata Anda memiliki pekerjaan yang mendesak? Atau ada meeting penting? tentunya Anda perlu tips khusus mengusir rasa mengantuk tsb.

cara menghilangkan rasa kantuk

Ilustrasi cara mengatasi rasa kantuk saat meeting

Baca juga: Cara Mudah Bangun Pagi Tepat Waktu

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Kantuk

Berikut adalah cara praktis untuk mengusir rasa kantuk di dalam ruangan kerja, ruang kelas atau sedang menghadiri rapat sehingga Anda dapat bersemangat dan fokus dalam aktifitas Anda.

  1. Menarik napas panjang dan menegakkan punggung. Rasa kantuk dapat terjadi karena suplai oksigen ke otak yang kurang. Saat Anda menarik napas panjang maka akan banyak oksigen yang terhirup dan akan membuat anda lebih rileks. Menegakkan punggung / sandaran juga dapat membuat kita lebih berkonsentrasi sehingga kita kembali fokus dan rasa kantuk itu terusir dengan sendirinya.
  2. Minum air teh dan kopi. Kandungan caffein dalam teh dan kopi dapat memberikan efek semangat pada tubuh dan menghilangkan rasa kantuk.
  3. Memakan camilan. Rasa kantuk juga sering muncul saat kadar gula menurun dan kita merasa lelah. Dengan camilan apalagi camilan agak pedas pasti langsung mengusir rasa kantuk Anda.
  4. Melakukan olah raga ringan seperti berdiri dari tempat duduk, jalan di tempat sambil mengayunkan tangan, atau berjalan keluar ruangan juga merupakan olah raga ringan. Hal ini dapat membantu mengatasi rasa kantuk yang muncul.
  5. Mencuci muka dengan air dingin. Bila Anda mengantuk saat meeting, tak ada salahnya bila Anda keluar sebentar untuk cuci muka. Mencuci muka dengan air dingin selain menyegarkan juga dapat menghilangkan rasa kantuk.
  6. Mengobrol. Mengobrol dengan teman atau siapa saja dapat mengusir rasa mengantuk. Tapi ingat jangan mengobrol saat meeting ya karena mengganggu peserta yang lain.
  7. Membaca. Membaca buku, koran mengenai topik-topik yang Anda senangi atau membaca status teman di sosial media merupakan obat anti kantuk yang ampuh. Ini juga tidak direkomendasikan saat bekerja ataupun meeting ya.

Itulah 7 cara praktis mengusir rasa kantuk yang dapat Anda coba. Namun bila rasa kantuk anda sudah tidak bisa dihilangkan sama sekali ya cobalah tidurlah selama 5 – 15 menit untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda. Dengan tidur siang sebentar saja, selain dapat menghilangkan rasa kantuk juga dapat menyegarkan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ..

sponsor

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.