Cara Praktis Menjaga Bunga Potong Tetap Segar

ads
Bagaimana cara menjaga bunga potong tetap segar dan cantik? Ini mungkin salah satu pertanyaan Anda. Anda tentunya ingin potongan bunga yang ditaro di vas tetap cantik dan memperindah ruangan di rumah ataupun kantor. Selain sebagai benda dekorasi rumah, potongan bunga hias pun dapat berguna sebagi pengharum ruangan alami loh.
Dekorasi interior rumah dengan bunga potong biasanya dilakukan saat ada acara khusus maupun hari raya. Vas bunga yang berisi bunga potong ini sangat cocok ditaruh di atas meja pada sudut-sudut ruangan. Pada umumnya, bila dirawat dengan baik, bunga potong tsb akan tetap segar hingga 3-7 hari. Namun ada juga yang mengalami bunga sudah layu keesokan harinya. Lalu bagaimana cara menjaga bunga potong tetap segar?
cara menjaga bunga potong tetap segar

Agar bunga potong tetap segar dan tak mudah layu diperlukan perawatan khusus

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Untuk Desain Taman Rumah Minimalis

Beberapa Tips Menjaga Bunga Potong Tetap Segar

1. Simpan dalam suhu normal dan konstan
Bunga sebaiknya disimpan dalam suhu normal dan tidak ekstrim. Ada yang beranggapan bila menyimpan bunga di kulkas dapat menjaga bunga potong tetap segar, ternyata anggapan ini salah. Bunga yang disimpan dalam lemari es justru bisa membuat bunga layu dan tidak tahan lama, karena suhu berubah drastis saat bunga dikeluarkan dari lemari es dan disimpan dalam suhu ruangan.  
2. Hindari sinar matahari langsung
Memang ada beberapa bunga yang hanya akan berbunga jika terkena sinar matahari langsung, tapi pada umumnya bunga hias tidak tahan bila terkena sinar matahari langsung. Jadi hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk menjaga bunga potong tetap segar dan tak mudah layu.
3. Jangan semprotkan air pada bunga
Menyemprot air ke bunga yang sudah disimpan dalam vas justru dapat membuat bunga layu dengan daya tahan kurang dari sehari saja. Cukup taruh bunga dalam vas yang sudah berisi air secukupnya untuk menjaga bunga potong tetap segar dan cantik.
4. Potong tangkai bawah 1 cm setiap hari
Saat bunga disimpan dalam vas berisi air, tangkai paling bawah akan menyerap air. Semakin lama disimpan dalam vas, bunga akan menyerap lebih banyak air. Potong 1 cm tangkai bawah setiap hari agar bunga tak terlalu banyak mengandung air dan membuatnya menjadi layu lebih cepat / mengalami pembusukan.

5. Atur air dalam vas bunga
Isi air vas bunga setinggi 2 cm dari tangkai paling bawah, dan ganti air setiap 1-2 hari sekali. Cara ini bisa menghindari kebusukan pada batang bunga. Batang yang busuk membuat tampilan bunga tidak segar. Bunga juga menjadi layu lebih cepat.
Itulah 5 cara menjaga bunga potong tetap segar. Yuk praktekan tips sederhana di atas agar potongan bunga dalam vas tidak mudah layu dan tetap cantik lebih lama. Selamat mencoba dan menikmati kesegaran bunga lebih lama …
Foto credit: sharingdisana.com

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

sponsor
loading...

loading...

Iklan

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara merawat bunga potong -cara membuat bunga potong tetap segar -cara membuat bunga hiasan tetap segar -cara agar bunga tetap segar di vas -Cara agar bunga potong tetap segar dan awet -bunga potong matahari vepat layu#spf=1 -bunga potong biar tidak busuk -bunga di dalam kulkas layu? -bagaimana cara menyimpan bunga potong di almari es -tips merawat bunga potong supaya tetap segar -

One Response

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.