Cara Praktis Menghilangkan Bau Kambing Pada Masakan

ads

Cara Menghilangkan Bau Kambing – Masakan berbahan kambing biasanya cukup populer saat Idul Adha tiba. Ada yang membuat sate kambing, gule kambing, tongseng kambing, dan bahkan ada yang membuat nasi kebuli kambing.

Memasak daging kambing memang susah-susah gampang. Pasalnya daging kambing memiliki bau khas prengus yang dapat membuat orang kehilangan selera saat memakannya serta tekstur daging yang keras / alot. Salah satu cara menghadirkan cita rasa tinggi pada masakan daging kambing adalah menggunakan banyak rempah-rempah. Sayang kan kalau sudah capek-capek masak ternyata tidak habis karena rasanya tidak enak?

Oke jadi bagaimana cara menghilangkan bau pada masakan kambing? yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini ..

Baca juga: Cara Memilih Kambing Kurban Yang Baik dan Benar

Cara Menghilangkan Bau Kambing Pada Masakan

  • Jangan cuci daging kambing. Pencucian malah membuat aroma prengus makin terasa. Lumuri saja dengan air jeruk limau atau air jeruk nipis lalu biarkan sebentar. Jika bulu kambing masih menempel halus dan tipis maka cabuti saja pelan-pelan. Memotong daging kambing pun harus berhati-hati agar daging kambing tidak terkontaminasi oleh kotoran atau bagian jeroan sehingga Anda tidak tergoda untuk mencucinya.
  • Daging kambing siap olah tidak masalah disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak sepanjang tidak dicuci dengan air.
  • Bila Anda tidak yakin dengan kebersihan daging kambing, tak masalah juga Anda mencucinya. Namun pastikan bungkus dulu daging kambing dengan daun pepaya sebelum memasaknya untuk menghilangkan bau kambing pada masakan. Daun pepaya selain dapat mengempukkan juga dapat menyerap bau prengus.
  • Masak daging kambing sesuai selera dengan berbagai rempah. Jangan pelit bumbu ya untuk menghilangkan bau kambing pada masakan.
cara menghilangkan bau kambing pada masakan

Salah Satu Cara Mengatasi Bau Pada Masakan Kambing Adalah Dengan Membungkusnya Menggunakan Daun Pepaya

Baca juga: Cara Praktis Mengolah Daging Kurban Yang Enak, Sehat, dan Awet

Cara Membuat Daging Kambing Empuk dan Tidak Alot

  1. Usahakan mengolahnya dalam masakan dengan proses masak yang panjang, misalnya gulai.
  2. Kalau ingin diolah sebentar, buat masakan yg dibuat dari daging giling, bukan daging utuh, hingga saat matang, daging sudah empuk.
  3. Kalau ingin dibuat sate, rendam kambing dalam campuran bumbu yang diberi sedikit baking powder.
  4. Selain baking powder, daging kambing bisa diempukan juga dengan bubuk papain (berasal / ekstrak dari pepaya) yang dijual dalam kemasan botol plastik.
  5. Daging kambing juga bisa diempukan dengan cara dibungkus parutan nanas atau daun pepaya. Simpan daging yg sudah dibungkus ini di dalam lemari es dalam wadah tertutup.

Nah itulah cara mudah menghilangkan bau kambing pada masakan serta cara mengempukannya. Selamat mencoba ya … jangan lupa menyantap hidangan daging qurban dengan keluarga, saudara maupun tetangga, pasti lebih seru … 🙂

sponsor

Rekomendasi Link Artikel dari Sponsor:

loading...

Iklan
loading...

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghilangkan bau kambing dalam masakan -cara menghilangkan bau kambing kurban pada masakan -cara menghilangkan bau kamning pada masakan -

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.